Thursday, September 10, 2015

Banjir dan Longsor Di jepang

Banjir dan Longsor Di jepang 90 Ribu Warga Dievakuasi

90 Ribu Warga Jepang Dievakuasi Akibat Banjir dan Longsor Foto: REUTERS/Kyodo
Tokyo - Puluhan ribu warga Jepang terpaksa dievakuasi dari rumah masing-masing akibat banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh topan Etau. Satu orang dilaporkan hilang setelah rumahnya tertimpa longsoran lumpur.
Ini video nya :



Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengeluarkan peringatan hujan deras bagi prefektur Tochigi dan Ibaraki, yang terletak di sebelah utara ibu kota Tokyo. Hujan deras ini berpotensi memicu tanah longsor dan banjir. Warga pun diimbau waspada.

"Ini merupakan skala hujan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Bahaya besar bisa saja terjadi," tutur pakar meteorologi setempat, Takuya Deshimaru dalam konferensi pers darurat seperti dilansir AFP, Kamis (10/9/2015).

Sebagian wilayah Tochigi terus dilanda hujan deras sejak Senin (7/9) malam waktu setempat. Dilaporkan stasiun televisi NHK, otoritas setempat telah memerintahkan lebih dari 90 ribu warganya untuk dievakuasi.

Pusat Pengamatan Meteorologi di Tochigi menyatakan sungai Kinugawa yang juga mengalir di wilayah Ibaraki, meluap sejak Selasa (8/9) pagi. Di kota Kanuma, Tochigi, petugas penyelamat tengah mencari satu korban hilang yang diduga terkubur longsoran lumpur yang menimpa rumahnya.

"Kami belum tahu informasi detail mengenai orang ini," tutur pejabat kota Kanuma yang enggan disebut namanya.

Namun NHK melaporkan, korban yang terkubur longsor merupakan seorang wanita berusia 60 tahun. Suami wanita itu, sebut NHK, telah berhasil diselamatkan. Topan Etau mencapai wilayah Jepang pada Rabu (9/9) pagi dengan membawa hujan deras yang memicu banjir dan longsor. Diperkirakan topan ini bergerak menuju Laut Jepang dan meninggalkan daratan Jepang pada Kamis (10/9) malam.

Sumber : detik.com

No comments:

Post a Comment